PERANGKAT PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI 5 Madiun
|
Kelas / Semester
|
:
|
IX / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3.Mengapresiasi karya seni musik
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
|
:
| ||
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
- Menentukan asal musik yang diperdengarkan
- Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara
- Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara dengan berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
B. Materi Pokok/ pembelajaran
Musik Mancanegara di Asia
Sejarah musik
Ringkasan Materi
1. Mengidentifikasi ciri-ciri lagu dan jenis alat musik mancanegara di Asia.
a. Pembagian Musik dan lagu berdasarkan masa
1. Masa kultur keagamaan animisme
2. Masa Hindu - Budha
3) Masa Islam
b. Musik dan Lagu Negara-negara di Asia.
1. Musik dan lagu Brunai Darussalam
2. Musik dan lagu di Malaysia
3. Musik dan Lagu Thailand
4. Musik dan lagu di Filipina
Contoh jenis musik di Filipina.
a. Seni musik instrumental
b. Seni Musik dengan alat musik non logam
c. Seni musik bergaya barat
d. Seni Musik Vokal
5. Musik Cina
6. Musik Jepang
7. Musik India
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
a
|
Pendahuluan :
Guru dan siswa bertanyajawab tentang berbagai hal sehubungan materi pembelajaran ciri-ciri musik Mancanegara
| |
Mengkaji keragaman musik/lagu mancanegara
|
15 menit
| |
b
|
Kegiatan Inti
| |
· Mendengarkan musik/lagu mancanegara dengan penuh rasa ingin tahu (rasa ingin tahu, mandiri)
· Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara secara demokratis(kerja sama,demokrasi,mandiri,kritis,tanggung jawab)
|
40 menit
| |
C
|
Kegiatan penutup
· Mengevaluasi kegiatan diskusi yang telah dilaksanakanri-ciri musiknya.
· Menyimpulkan materi pembelajaran
· Guru memberi tugas agar siswa mendengarkan lagu mancanegara dan ci
|
15 menit
|
E . Sumber belajar/ materi ajar
* Sarana perpustakaan
* Buku teks
- CD/VCD
- Kaset Seni Musik
F.Penilaian
Indikator
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
| |
· Menentukan asal musik yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik Mancanegara
· Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya Mancanegara
|
Penugasan
|
Tugas Projek
|
Buatlah laporan dalam bentuk kliping tentang keragaman musik/lagu mancanegara
|
v Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Kesesuaian tema
|
20
| ||||||
2
|
Kemampuan pengelompokan
|
20
| ||||||
3
|
Penampilan contoh karya
|
20
| ||||||
4
|
Kreativitas penataan
|
20
| ||||||
5
|
Karakter
|
20
| ||||||
Jumlah
|
100
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Mengetahui .......................2010
Kepala SMPN............... Guru mata pelajaran
............................................ ......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI…………………
|
Kelas / Semester
|
:
|
IX / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3.Mengapresiasi karya seni musik
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanega di Asia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
- Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar dengan jujur
- Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dari musik yang didengar dengan penuh rasa percaya diri
- Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar dengan jujur
B. Materi Pokok/ pembelajaran
Seni musik Mancanegara di Asia
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a
|
Pendahuluan :
| |
Mengkaji keragaman musik/lagu mancanegara
|
15 menit
| |
b
|
Kegiatan Inti
| |
· Mendengarkan musik/lagu mancanegara (mandiri,jujur,ingin tahu)
· Mendiskusikan keunikan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara dan pesan dari musik yang didengar.(kerja sama,)
|
40 menit
| |
C
|
Kegiatan penutup
· Menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa
· Menyimpulkan materi pembelajaran
|
15 menit
|
Pertemuan 2
a
|
Pendahuluan :
| |
Mengatur ruang diskusi
|
15 menit
| |
b
|
Kegiatan Inti
| |
· Mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas penuh rasa percaya diri ( kerja sama,kritis )
|
40 menit
| |
C
|
Kegiatan penutup
· Mengevaluasi kegiatan diskusi yang telah dilaksanakan
|
15 menit
|
E . Sumber belajar/ materi ajar
* Sarana perpustakaan
* Buku teks
- CD/VCD
- Kaset musik/lagu mancanegara
D. Penilaian
Indikator
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
| |
o Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar
o Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar
o Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
|
Penugasan
|
Tugas Projek
|
Buatlah laporan dalam bentuk kliping tentang keragaman musik/lagu mancanegara
|
v Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Kesesuaian tema
|
20
| ||||||
2
|
Kemasan bahan laporan
|
20
| ||||||
3
|
Penampilan contoh karya
|
20
| ||||||
4
|
Kreativitas penataan
|
20
| ||||||
5
|
Karakter
|
20
| ||||||
Jumlah
|
100
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang 4 = Baik
2 = Kurang 5 = Sangat baik
3 = Cukup
Mengetahui .........................2010
Kepala SMPN ............. Guru mata pelajaran
........................................... ...........................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI …………….
|
Kelas / Semester
|
:
|
IX / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4.Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1Mengaransir lagu mancanegara di Asia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
- Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara secara logis dan inovatif
- Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
B. Materi Pokok/ pembelajaran
Aransemen musik
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a
|
Pendahuluan :
| |
Mempersiapkan lagu yang akan diaransemen
|
15 menit
| |
b
|
Kegiatan Inti
| |
· Mendengarkan musik/lagu mancanegara (mandiri,ingin tahu)
· Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara secara logis dan inovatif( kerja sama, kreatif, kritis,inovatif)
|
55 menit
| |
C
|
Kegiatan penutup
· Menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengaransir lagu
|
10 menit
|
Pertemuan 2
a
|
Pendahuluan :
| |
Mempersiapkan lagu yang akan diaransemen
|
15 menit
| |
b
|
Kegiatan Inti
| |
· Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
50 menit
| |
C
|
Kegiatan penutup
· Mengevaluasi kegiatan diskusi yang telah dilaksanakan
|
15 menit
|
E . Sumber belajar/ materi ajar
* Sarana perpustakaan
* Buku teks not balok
- Alat Musik
Ringkasan Materi
A. Mengaransir Lagu Mancanegara di Asia
Menurut Kamus musik, yang disusun oleh Ponoe Banoe Aransemen adalah gubahan Lagu untuk orkes atau kelompok paduan musik baik vocal maupun instrumental. Jadi mengaransemen lagu artinya mengubah sebuah lagu. Mengaransemen lagu bukan pekerjaan yang mudah. Tidak semua musisi dapat mengerjakan hal ini. Perdikat khusus untuk orang yang mengaransemen lagu adalah Arrangger. Tugas seorang arranger adalah memperindah lagu asli atau menyusus ulang suatu lagu tanpa merubah isi atau rasa lagu itu. Jadi, mengaransemen lagu memerlukan keahlian berbagai tehnik, bermain musik serta memerlukan kepekaan.
Sebelum mengaransemen sebuah lagu hendaknya kita memahami unsur utama musik yaitu sebagai berikut:
1. Melodi yaitu susunan atau rangkaian tiga nada atau lebih
2. Harmoni yaitu suara dua not atau lebih yang dimainkan sekaligus
3. Counterpoint, yaitu gaya musik yang bersahut-sahutan.
4. Irama iringan, yaitu panjang pendeknya bunyi instrument untuk mengiringi melodi.
5. Irama Lagu, yaitu cepat lambatnya sebuah lagu dimainkan
Aransemen bertujuan menciptakan harmoni yang indah. Mengaransemen sebuah lagu perlu pengetahuan tentang akord dan interval. Akord adalah tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Intervala adalah jarak antara dua nada. Tiga tujuan pokok mengaransemen adalah : - untuk penyajian paduan suara
- penyajian lagu secara instrumentalia
- memberikan iringan lagu
Sebelum mengaransemen lagu tentunya harus memilih lagu yang akan diaransemen. Kemudian mempelajari lagu tersebut dengan mendengarkannya berkali-kali dan mempelajari notnya. Berikut ini adalah proses dan langkah-langkah mencipta aransemen :
1. Memberi intro dan coda
Pembuat aransement bisa memberikan musik tambahan sebelum atau sesudah lagu pokok agar lebih estetis atau artistic atau sebagai pengantar atau pembuka dan penutup setelah selesainya lagu pokok disebut Coda. Intro atau Coda tidak boleh terlalu panjang agar tidak menghamburkan bagian lagu atau melodi pokok.
2. Menambah jalur Pengiring
Melodi lagu pokok boleh ditambahkan nada-nada atau melodi untuk menyertai gerak lagu pokok. Bunyi nada-nada pokok dengan melodi pengiringnya harus dapat serempak dan terdengar harmoni atau serasi.
3. Mengembangkan lagu pokok
Lagu yang diulang dengan sama sebaiknya perlu diberi variasi. Variasi dapat dilakukan dengan cara :
a. mengubah atau mengembangkan jalur-jalur melodi penyerta pada bagian pengulangannya agar tidak bosan.
b. Bila perlu mengembangkan lagu pokok dengan tidak menghilangkan nilai-nilai positif lagu asli.
Contoh mengembangkan lagu atau melodi pokok :
- Melodi Pokok
- Pengembangan meloodi
- Pengembangan Rytmik
- Pengembangan Harmoni
B. Menampilkan Hasil Aransemen Lagu mancanegara di Asia
Berikut ini disajikan lagu dari beberapa Negara di Asia, Pelajarilah dan mainkan untuk keperluan pementasan.
E. Penilaian
Indikator
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
| |
o Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
o Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut
|
Penugasan
|
Tugas Projek
|
Buatlah sebuah aransemen musik/lagu mancanegara
|
v Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Ketepatan irama
|
20
| ||||||
2
|
Harmonisasi nada
|
20
| ||||||
3
|
Syair
|
20
| ||||||
4
|
Kreativitas
|
20
| ||||||
5
|
Karakter lagu
|
20
| ||||||
Jumlah
|
100
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang 4 = Baik
2 = Kurang 5 = Sangat baik
3 = Cukup
Mengetahui .........................2010
Kepala SMPN ............. Guru mata pelajaran
........................................... ...........................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
:
|
SMP ……………………….
|
Kelas / Semester
|
:
|
IX / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4.Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia dengan rasa percaya diri
B. Materi Pokok/ pembelajaran
Musik Mancanegara
C. Metode Pembelajaran
Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
Langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam setiap tatap muka
a
|
Pendahuluan :
| |
Memberikan motivasi kepada siswa
|
10 menit
| |
b
|
Kegiatan Inti
| |
Menyanyikan lagu hasil aransemen didepan kelas dengan rasa percaya diri( kerja sama,percaya diri)
|
55 menit
| |
C
|
Kegiatan penutup
· Mengevaluasi kegiatan diskusi yang telah dilaksanakan
|
15 menit
|
E . Sumber belajar/ materi ajar
* Audio Visual system
* Buku teks
F.Penilaian
Indikator
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
| |
o Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
|
Penugasan
|
Uji unjuk kerja
|
Nyanyikanlah lagu yang telah diaransir
|
v Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Kesesuaian tema
|
25
| ||||||
2
|
Kemasan Hasil aransemen
|
25
| ||||||
3
|
Penampilan
|
25
| ||||||
4
|
Karakter
|
25
| ||||||
Score maksimal
|
100
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang 4 = Baik
2 = Kurang 5 = Sangat baik
3 = Cukup
Mengetahui .......................... 2010
Kepala SMPN.............. Guru mata pelajaran
........................................... ..........................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar